Horizontal Menu HTML Helps

Thursday, August 2, 2012

3 Hal, Maksimal di Ruang Kerja/Belajar

Setelah membaca beberapa buku, saya mulai mencoba menerapkan beberapa hal. Ternyata, memang memberi pengaruh, malah bisa dibilang signifikan. Bahkan untuk beberapa poin, anak didik saya mengaku hal ini mempengaruhi kemampuan belajarnya. Berikut tiga hal untuk memaksimalkan kemampuan otak kita di ruang kerja/belajar.

Meja kerja/belajar tertata. Tertata dan rapih, Tempatkan buku di bagian yang jelas dan tegas. Tempatkan peralatan kecil seperti alat tulis dan sebagainya di satu boks kecil sehingga ketika anda mencari satu benda, anda akan fokus pada satu lokasi sempit saja. Cara ini membantu meringankan beban otak ketika bekerja, sehingga tidak terlalu banyak tenaga dihabiskan untuk hal yang tidak terlalu penting.

Siapkan dinding kosong. Memandang bidang kosong seperti dinding kosong akan membantu otak untuk fokus. Mengingat secara visual mampu meningkatkan kemampuan mengingat, namun ketidakteraturan visual juga dapat mengaburkan fokus. Keberadaan dinding kosong membantu otak anda untuk memperoleh kebebasan berpikir sehingga lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah, menciptakan ide, dan mengingat. Jadi siapkan dinding kosong anda.

Sticky Notes. Anda tahu cara ini? Membuat kertas kecil untuk ditempelkan di monitor komputer atau papan pengingat. Apapun yang perlu diingat, tuliskan. Tugas untuk esok hari, pekerjaan yang belum selesai, jadwal pelatihan, janji ketemu, jangan diingat-ingat, tulis! Menuliskan hal yang perlu diingat membantu otak mengingat lebih baik.Jika anda menggunakan komputer untuk kerja/belajar, ada beberapa program sticky notes yang dapat anda gunakan. Sticky notes yang saya gunakan bisa anda unduh disini.

Sebenarnya, ada beberapa hal lagi seperti membuat desain ruang yang kreatif dan penuh warna. Ini akan membuat anda lebih kreatif dalam bekerja. Hanya saja kita tidak selalu dapat mengubah ruang kerja sesuka hati bukan? Jadi ayo kita mulai dari 3 hal ini.

No comments:

Post a Comment

Tanggapan anda disini