Horizontal Menu HTML Helps

Tuesday, June 5, 2012

Aturan Minum Teh

Minum Teh itu Sehat, tapi tetap ada aturannya teman-teman.
Minum teh bisa membuat tubuh rileks dan nyaman. Namun ternyata ada beberapa larangan tentang konsumsi teh, yang bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan.
  • Larangan 1 - Jangan minum teh saat perut kosong. Jika Anda melakukannya, teh dapat mengacaukan kinerja limpa dan perut. Di Cina, mereka menyebutnya ‘jangan minum teh dengan hati yang kosong’.
  • Larangan 2 - Konsumsi jangka panjang teh terlalu panas dapat menyebabkan perubahan tak sehat dalam organ tubuh. Seringnya mengonsumsi teh panas (dengan suhu lebih tinggi dari 62 Celcius) menyebabkan meningkatnya kerentanan jaringan perut dan penyakit perut. Temperatur teh tidak boleh lebih dari 56 C, karena mengiritasi tenggorokan, kerongkongan dan perut.
  • Larangan 3 - Hindari minum teh dingin alias es teh, karena menyebabkan akumulasi dahak.
  • Larangan 4 - Tidak mengonsumsi teh dengan kadar kafein tinggi. Karena kafein dan tanin yang kuat dalam teh dapat menyebabkan sakit kepala dan insomnia.
  • Larangan 5 - Bila Anda senang merebus daun teh, jangan biarkan mendidih terlalu lama, karena teh dan minyak esensial polyphenyles akan mengoksidasi secara spontan. Ini  juga bisa mengurangi nilai gizi. Teh yang direbus dalam air hangat terlalu lama akan meningkatkan jumlah mikroorganisme (bakteri dan jamur).
  • Larangan 6 - Hindari minum teh sebelum makan, karena menyebabkan pelunakan air liur, sehingga makanan menjadi hambar. Hal ini juga mengurangi asimilasi protein oleh organ pencernaan. Cobalah untuk minum teh 20-30 menit sebelum menikmati makan.
  • Larangan 7 - Jangan minum teh segera setelah makan. Lebih baik menunggu 20-30 menit setelah makan. Hal ini dapat memperlambat pencernaan dan mengganggu fungsi semua organ pencernaan.
  • Larangan 8 - Jangan minum obat menggunakan teh. Tanin yang terkandung dalam teh menyebabkan obat tidak bekerja dengan baik. Inilah mengapa orang Cina mengatakan bahwa teh menghancurkan obat-obatan.
  • Larangan 9 - Jangan meminum teh yang dibuat sehari sebelumnya. Tidak hanya kehilangan vitamin, tapi juga menciptakan tempat untuk bakteri.
Nah, ayo kita biasakan minum teh yang baik! :)
Bagikan juga ke teman yang lain ya.

<Sumber: http://zoom-indonesia.com/blog/component/k2/item/1477-9-larangan-mengonsumsi-teh.html >
<Gambar: http://www.tradisionil.com/resources/1/gambar/rez-served-outea.JPG>

No comments:

Post a Comment

Tanggapan anda disini