Horizontal Menu HTML Helps

Monday, June 4, 2012

Ayo Terapi Ngantuk setelah Makan Siang !

Tips agar ngantuk berkurang setelah makan siang

Tips ini saya bagikan untuk teman-teman yang merasa mudah mengantuk setelah makan siang, maklum, saya mengalami hal yang sama, dan juga berusaha mengatasinya.

  1. Biasakan tidak tidur siang semenjak SMA. Pikiran bawah sadar manusia sangat mempengaruhi hal ini. Itu sebabnya kenapa anak nakal yang susah disuruh tidur siang tidak terlalu terpengaruh dengan gejala ngantuk setelah makan siang. Namun untuk anak kecil tidur siang memang dibutuhkan, jadi hal ini hanya disarankan untuk anak semenjak menginjak bangku SMA. Lebih baik anak dibiasakan bermain setelah makan siang, lalu mengerjakan tugas sekolahnya sebelum malam. Agar malam hari dapat melakukan istirahat penuh. Keterangan : Hasil Penelitian, remaja secara umum membutuhkan waktu tidur sekitar 10 jam.
  2. Kurangi kadar karbohidrat pada menu makan siang. Asupan karbohidrat (Gula Kompleks) yang terdapat pada makanan seperti nasi membutuhkan banyak oksigen dalam proses pencernaan. Akibatnya, asupan oksigen ke otak harus dikurangi untuk digunakan dalam pencernaan. Kekurangan oksigen dalam otak inilah yang paling utama menimbulkan gejala mengantuk. Perbanyak nutrisi lain seperti protein dan vitamin pada buah dan serat pada sayuran pada menu makan siang anda.
  3. Minum setengah jam setelah makan siang. Jika setelah makan minum air, ini akan mengakibatkan adonan makanan dalam usus menjadi lebih encer. Akibatnya enzim seperti asam lambung dan lainnya yang dikeluarkan harus lebih banyak. Produksi enzim tersebut juga melibatkan oksigen. Berkumurlah untuk membersihkan mulut setelah makan, tunda dulu minum nya. Tapi tetap jangan lupa minum, jika tidak dapat menakibatkan dehidrasi.
  4. 4. Ini adalah langkah terakhir yang digunakan untuk menangkal nganuk yaitu minum kopi. Kafein bersifat stimulan, kafein dalam kopi dapat merangsang otak untuk tetap aktif, walaupun demikian, sebenarnya pengaruhnya tergantung masing-masing individu. Banyak orang yang tetap mengantuk setelah minum kopi. Disamping itu, efek yang ditimbulkan kopi selalu menjadi perguncangan, antara lebih banyak efek baiknya atau efek buruknya.
  5. Tips yang terakhir ini adalah yang paling efektif dalam mengatasi gejala ngantuk, yaitu mendisiplinkan diri untuk tidur cukup di malam hari. Setelah kebutuhan untuk tidur terpenuhi, maka kebutuhan otak untuk tidur siang menjadi berkurang. Gejala mengantuk setelah makan siang mungkin masih dapat terasa, namun akan segera hilang terutama jika dibarengi dengan semangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Lima tips diatas saya semoga berguna. Perlu diingat, saya tidak mengambil sumber khusus sebelum saya menulis, saya hanya mengingat-ingat kembali informasi yang pernah saya terima DBT (Dengar, Baca dan Tonton) dan saya alami, lalu saya aplikasikan. Setelah berhasil pada saya, saya bagikan pada anda. Semoga bermanfaat.
<Gambar:http://khushi.files.wordpress.com/2008/08/hairdo.jpg>

No comments:

Post a Comment

Tanggapan anda disini