Horizontal Menu HTML Helps

Wednesday, July 25, 2012

Mitos dan Fakta, Cara-cara Meningkatkan Kemampuan Otak


Tahukah Anda

Satu. Manusia hanya menggunakan kemampuan otaknya kira-kira 10% setiap kali pemakaian, ini mitos (menurut ilmuwan saraf Sam Wang).

Dua. Meditasi mampu mengubah otak manusia. Para biksu budha mengalami perubahan otak, terdapat osilasi listrik yang besar akibat sinkronisasi neuron. Fakta.

Tiga. Alkohol membunuh sel otak. Butuh waktu berdekade hingga alcohol membunuh sel otak manusia. Mitos.

Empat. Daging, ikan, dan sayuran hijau yang didinginkan baik untuk otak. Hasil penelitian, ini berhubungan dengan peredarah darah yang membuat jantung bekerja dengan baik, alhasil otak ikut bekerja dengan baik, fakta.

Lima. Stress baik untuk otak manusia. Hasil penelitian justru hormon yang dikeluarkan saat stress malah menghambat pertambahan sel otak dan mengurangi plastisitasnya, mitos.

Enam. Hormon seksual membangkitkan ingatan. Penelitian lo, bahwa estrogen yang dikeluarkan wanita saat berhubungan seksual meningkatkan ingatan dengan cara meningkatkan jumlah titik hubungan antar sel saraf di bagian otak hippocampus. Fakta.

Tujuh. Mendengarkan music klasik Mozart bikin pintar. Tindakan pasif seperti ini menurut Sam Wang tidak meningkatkan kecerdasan manusia, termasuk bayi dalam kandungan. Mitos.

Delapan. Membaca/kan karya Shakespeare, yang ini membuat kita cerdas. Ada korelasi positif antara jumlah kata-kata yang didengarkan anak-anak dengan IQ anak. Fakta.

No comments:

Post a Comment

Tanggapan anda disini